Ada 10 kesalahan yang sering dilakukan
pengusaha dalam memasarkan produknya. Simak baik-baik, agar Anda tak ikut
terjebak:
1. Tidak punya cara pemasaran unik. Untuk itu, Anda
harus memikirkan kenapa orang harus memilih produk Anda, pelayanan purna jual,
harga yang kompetitif, dan apa pun yang membuat konsumen tertarik membeli.
2. Lebih menekankan keunggulan produk ketimbang cara
pemakaiannya. Padahal, orang lebih memilih produk yang menyertakan keterangan
yang jelas tentang cara penggunaan nya.
3. Tidak memakai judul pada iklannya. Seperti pada
artikel koran atau majalah, judul yang baik akan menarik perhatian dan
menggiring pembaca untuk membacanya.
4. Tidak menguji efektivitas iklan, harga, kemasan
produk, dll. Dari mana Anda tahu produk yang ditawarkan menarik bagi konsumen,
jika tak mengujinya? Lakukan uji pasar, sebelum produk itu di lempar semua.
5. Menciptakan kondisi yang membuat orang sulit
berbisnis dengan Anda. Apakah tenaga pemasaran Anda mengerti betul tentang
produk yang ditawarkannya? Apakah telepon yang masuk ke kantor Anda dijawab
dengan ramah dan informatif? Apakah orang tidak kesulitan mendapatkan nomor
telepon dan alamat Anda? Apakah konsumen bisa dengan mudah menemukan barang
yang mereka butuhkan? Cobalah Anda berpikir dengan menempatkan diri sebagai
konsumen.
6. Tidak bisa memahami kebutuhan pelanggan. Apa yang
paling penting buat mereka? Bukan harga yang murah, tapi pelayanan yang cepat
dan memuaskan. Bagaimana mengetahuinya? Jangan segan-segan untuk bertanya
langsung pada mereka.
7. Tidak meng-update data pelanggan. Daftar pelanggan
adalah harta karun Anda. Daripada mati-matian membawa pelanggan baru, akan
lebih mudah 'merawat' dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan lama. Kontak
terus mereka, tanyakan apa saja yang membuat mereka suka dan tidak suka dalam
berbisnis dengan Anda.
8. Tidak berusaha memperkecil resiko. Kenali apa yang
membuat konsumen tak mau membeli produk Anda. Beri mereka pertimbangan untuk
mempermudah membuat keputusan untuk membeli. Perkecil resiko yang akan mereka
tanggung. Bila takut rugi, cobalah dalam waktu sebulan.
9. Tidak mendidik konsumen. Jangan hanya bilang bahwa
produk atau jasa Anda lebih baik, tapi harus dijelaskan mengapa. Buatlah
pelanggan benar-benar percaya pada produk yang ditawarkan. Kualitas, pelayanan,
dan harga yang kompetitif, tak menjamin apa-apa, karena setiap pengusaha selalu
menawarkan ini.
10. Cepat puas. Bila
berhasil menjaring pelanggan, pertahankan sampai Anda menemukan cara lain yang
lebih baik. Walau Anda tidak suka, tak ada salahnya mengganti kemasan atau
iklan yang terbukti disukai konsumen.
No comments:
Post a Comment