Sunday, May 17, 2015

Tips Memulai Usaha Tanpa Modal



Apakah Anda percaya? Tergantung anda.
Dalam postingan kali ini Saya akan membahas Bagaimana cara memulai usaha tanpa harus mengeluarkan modal.
Untuk Anda yang memiliki modal terbatas, atau anda masih sangat ragu untuk merogoh uang anda hanya untuk bermain resiko dengan cara berbisnis yang sudah pasti punya resiko rugi atau untung, dengan Tips Memulai Usaha Tanpa Modal ini merupakan cara kreatif yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

1. Perluas Jaringan

Inilah langkah awal anda dalam berbisnis tanpa modal. Perbanyak relasi anda, jaringan di perluas. Para pengusaha sukses yang memulai dari nol, ternyata punya satu kesamaan yaitu memiliki jaringan yang luas di bidang bisnis yang mereka geluti.
Dengan luas nya jaringan, Maka Anda bisa memulai Bisnis tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. karena anda akan menemukan banyak inspirasi dari banyak orang yang anda kenal. Atau anda akan mendapatkan jalan permodalan dalam bentuk investasi, bagi hasil atau program reseller yang memungkinkan  anda untuk menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan uang dari saku anda yang terbatas.

2. Menjadi Reseller atau Menjualkan Barang Orang Lain

Dalam bisnis ini,
Anda tidak harus memiliki barang atau produk sendiri untuk anda jual. Anda bisa saja menjualkan barang milik orang lain atau milik teman anda. Dengan cara anda ambil barang, lalu anda menjualnya, jika kemudian laku, baru anda membayar sejumlah uang sesuai jumlah barang yang laku terjual oleh anda.
3. Multifungsi Bisnis 

Ini butuh kreatifitas anda. Multifungsi bisnis berarti anda menggunakan suatu barang atau memfungsikan suatu hal untuk bisnis dari barang atau hal yang sudah anda miliki sebelumnya.

Contoh nya saja adalah, anggap lah anda seorang wirausaha yang memiliki warnet. Sebelum anda membaca artikel ini, anda mengira usaha warnet untuk rental dan penyedia jasa internet saja, namun setelah anda membaca artikel anda, anda kemudian memfungsikan apa yang sudah anda miliki agar lebih bermanfaat dan menghasilkan. Anda kemudian belajar bisnis online dengan membuka toko online, dropshiping, PPC, PTC dsb.
Atau anda bisa juga membuka layanan loket listrik onlin, PPOB pembayaran online. Multi fungsi bukan?

Cobalah lihat barang atau hal yang sudah anda miliki, kemudian cari fungsi lain yang bernilai ekonomis. kekreatifitasan anda sangat menentukan.
Misal Anda memiliki sebuah motor yang anda gunakan awalnya hanya untuk kuliah, tapi kenapa anda tidak menjadi tukang ojeg sehingga motor anda menjadi multi fungsi bisnis?

4. Pilihlah jasa layanan 
Manjadi penyedia jasa, bukan barang. Kenapa? karena dalam bisnis jasa yang paling di perlukan adalah keahlian bukan barang atau materi. Anda misalkan menyediakan jasa translate, berarti anda tak perlu mengeluarkan modal uang cukup memeras pikiran anda menerjemahkan bahasa.

Yang terpenting dalam bisnis jasa adalah kepuasan konsumen. Dalam bisnis apapun, pelayanan kepada konsumen adalah harga mati dari sebuah usaha rumahan. Jadi berilah jasa dengan baik serta pelayanan yang memuaskan konsumen. Saya jamin usaha anda akan berkembang meskipun anda menjalankan bisnis tanpa mengeluar kan modal sepeser pun.

Setelah anda membaca artikel ini apakah sekarang anda percaya bahwa tanpa modal uang anda bisa memulai usaha anda? Itu lah kuncinya. Mulailah, jika mengalami kegagalan, Anda harus mencoba nya lagi. Dan pantang menyerah. Selamat mencoba!!!

No comments: